Hal Boleh dan Tidak Boleh saat Wawancara

Hal yang boleh dilakukan seseorang pada saat diwawancarai:

    1. Penguasaan masalah yang sedang atau akan dibicarakan. Penguasaan masalah akan berpengaruh terhadap proses wawancara.
    2. Berbicara secara jelas dan jangan terlalu cepat. Hal ini penting untuk menghindari informasi tidak tersampaikan atau salah interpretasi.
    3. Mencermati kalimat-kalimat pertanyaan maupun sanggahan yang diberikan oleh si pewawancara. Selanjutnya menjawab pertanyaan tersebut dengan seksama dan cermat pula.
    4. Jika kalimat pertanyaan tidak dipahami, sebaiknya meminta si pewawancara untuk mengulangi lagi atau menjelaskan maksud pertanyaannya. Jangan menjawab bila pertanyaan itu tidak benar-benar dipahami.
    5. Gunakan komunikasi nonverbal yang baik dan positif. Komunikasi nonverbal seperti tatapan mata, gestur, penampilan, dapat mempengaruhi proses wawancara.

Hal yang tidak boleh dilakukan seseorang pada saat diwawancarai:

    1. Jangan langsung mengambil simpulan sebelum pewawancara menyelesaikan kalimatnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya salah interpretasi.
    2. Jangan pernah menyela pembicaraan, walaupun tidak sependapat dengan pewawancara.
    3. Jangan pedulikan jika penyampaian si pewawancara salah. Kita harus berkonsentrasi pada isi bukan kesalahan pengucapan.
    4. Jangan menjawab pertanyaan dengan terlalu panjang atau terlalu pendek. Jawaban yang terlalu pendek membuat pewawancara ingin bertanya lagi dan hal itu akan mengganggu kelancaran wawancara. Sebaliknya, jika jawaban terlalu panjang, kita akan dianggap tidak dapat memisahkan informasi penting dan tidak penting serta dianggap tidak menghargai pewawancara dan waktunya.
    5. Jangan memberikan jawaban yang tidak benar, seperti berbohong, asal-asalan, atau mengada-ada. Jawaban yang diberikan harus jujur dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *