Trik Menampilkan Video sebagai Input pada ZOOM Meetings

Dengan adanya pandemi Covid-19 dan kebijakan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah, maka keberadaan aplikasi video meeting / video conferencing cukup banyak dimanfaatkan oleh banyak kalangan, tidak terkecuali untuk para pelajar dan mahasiswa yang harus mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online.

Kali ini saya ingin membagikan sebuah trik dimana kita bisa seolah-olah hadir dalam suatu pertemuan di ZOOM, walaupun aslinya kita sedang tidak di tempat alias AFK. Hal ini berguna untuk para pelajar dan mahasiswa yang wajib menyalakan video agar para guru dan dosen dapat mengecek keberadaan mereka, apakah mendengarkan materi atau tidak, dan lainnya.

Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan trik ini, tapi pada kesempatan ini saya menggunakan OBS Studio dan plugin OBS-VirtualCam. Selain itu tentu saja kita memerlukan aplikasi ZOOM Meetings Desktop Client. Silakan Anda unduh dan instal masing-masing aplikasi di atas.

Berikut ini adalah gambaran alur kerjanya secara umum:

Langkah pertama adalah kita harus membuat sebuah video yang nantinya akan ditampilkan berulang-ulang di dalam tampilan ZOOM. Video ini harus memuat diri Anda sendiri dengan gaya sedang mendengarkan materi pelajaran, agar terkesan Anda sedang hadir dan mengikuti kegiatan belajar mengajar, serta tidak mengundang curiga orang lain. File video bisa disimpan dengan format apa saja, bisa mp4, mkv, avi, dan lainnya.

Langkah berikutnya, Anda buka OBS Studio yang sudah dipasang plugin OBS-VirtualCam. Pertama, Anda harus menambahkan Source berupa Media Source. Kemudian, Anda pilih file video yang telah Anda buat di langkah pertama. Jangan lupa untuk mencentang Loop karena jika tidak maka video Anda tidak akan diputar berulang-ulang.

Jika Anda sudah menampilkan video Anda sebagai output di OBS Studio, maka langkah berikutnya adalah mengaktifkan OBS-VirtualCam yang dapat dilakukan dari menu Tools > VirtualCam. Centang AutoStart, pilih Target Camera OBS-Camera, lalu klik tombol Start.

Jika sudah, silakan buka aplikasi ZOOM Client. Berikutnya, silakan masuk ke Settings, di bagian Video pilih Camera OBS-Camera dan tampilan dari video Anda akan otomatis tampil di preview ZOOM. Selebihnya bisa Anda sesuaikan sendiri, termasuk untuk audionya.

Oh ya kelemahan dari trik ini adalah ketika Anda diminta untuk berbicara maka akan ketauan. Mungkin bisa diakalin dengan memakai masker. 😛

Trik ini dibuat hanya untuk belajar dan menambah pengetahuan saja. Segala akibat dan resiko yang timbul dari dipraktekkannya trik ini adalah di luar tanggungjawab saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *